Home » » Kota Poncokusumo

Kota Poncokusumo

HIDUP ADALAH UNTUK MENCARI.......

Poncokusumo 

 

Setelah sekian lama tidak menulis akhrinya saya hadir kembali :) Tapi untuk sekarang tulisan saya tidak akan berisi tentang film atau musik, dan mungkin agak sedikit menyentil pemerintah...

Hampir tiga bulan terakhir saya menetap di Poncokusumo. Poncokusumo adalah salahsatu kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur. 


Poncokusumo
Dari segi pemandangan dan komoditi, daerah ini sangat luar biasa dan potensial. Komoditi utama daerah ini adalah apel, bahkan selama tiga bulan di Poncokusumo saya menemukan bahwa banyak apel asal Malang yang diberi label “APEL BATU” sebenarnya dikembangkan di Poncokusumo, saya jadi menilai “mungkin” nama “Poncokusumo” masih kurang menjual jika dibanding dengan “Batu”.

Tanaman Gubis di Ekspor ke Taiwan
Selain apel,  Poncokusumo merupakan surga untuk banyak tanaman lain seperti gubis, cabe, pepaya, pisang dan bunga krisan, dikarenakan suhu udaranya yang dingin. Bahkan gubis Poncokusumo termasuk komoditi ekspor ke Taiwan.







Selain itu Poncokusumo juga memiliki akses jalan menuju gunung Bromo yang merupakan salahsatu tempat wisata favorit bagi wisatawan baik lokal maupun internasional.

Gubuk Klakah: Pintu Masuk Menuju Bromo
Rest Area
Poncokusumo juga menjanjikan pemandangan alam yang luar biasa, dengan suhu udara  khas pedesaan yang masih segar dan minim polusi. 

Lukisan Alam Poncokusumo
Bantengan
 Hal tersebut belum ditambah dengan keramahan yang diberikan oleh masyarakat sekitar. Poncokusumo juga memiliki kebudayaan khas seperti “bantengan” dan “pencak silat”. Biasanya pencak silat disajikan dengan iringan gamelan dan lagu jawa. Kebudayaan ini jika terus di ekspos akan semakin menyemarkkan ragam budaya nasional untuk diperlihatkan ke dunia internasional.




Dari banyak kelebihan yang dimiliki Poncokusumo, ada satu hal yang sangat mengganggu, yaitu jalan utama di daerah ini sungguh sangat tidak layak dilewati, banyak lubang yang sangat bahaya jika terus dibiarkan, terutama di jalanan yang berada di Kelurahan Karangnongko. Ironisnya, jalan utama ini terpampang di depan kantor kelurahan, yang ironisnya lagi ada petingginya sedang “aktif” membangun rumahnya namun lupa untuk membangun daerahnya. 









Jalanan Rusak di Kelurahan Karangnongko
Kita memang tidak bisa menyalahkan pihak Kelurahan atau Kecamatan disini, karena banyak pihak yang bisa ditanyai tentang hal ini. Sangat perlu untuk dilakukan perbaikan jalan disini, apalagi ada kabar bahwa jalan utama di Kecamatan Poncokusumo ini dalam waktu dekat akan digunakan untuk akses jalan bus Malang-Lumajang, yang tentu akan membuat jalanan semakin padat, karena sebelumnya jalanan ini juga digunakan sebagai akses jalan bagi kendaraan berat seperti truk.

Jalan Raya Sukosari
Selain jalan utama, masih banyak daerah di Poncokusumo yang sangat membutuhkan perhatian. Salahsatunya jalan utama di Desa Sukosari, Kelurahan Pandansari, Kecamatan Poncokusumo, yang sebagian besar jalannya adalah tanah. Wilayahnya yang dipuncak gunung semakin menyulitkan akses menuju desa Sukosari.
Padahal pemandangan disini sungguh Subhanallah indahnya. Yang ironis jalan utama di desa Sukasari yang diberi nama “Jalan Raya Sukosari” sebenernya “tidak” seperti jalan raya. Sebenarnya desa ini sudah dimasukkan sebagai IDT (Impres Desa Tertinggal), namun sepertinya pemerintah hanya sekedar memasukkan saja, karena tetap saja tidak ada tindak lanjut atas itu.
Gambaran Jalanan antar desa di Sukosari
Memang sering dilakukan pelatihan usaha di daerah ini, yang akhir2 ini sedang digenjot adalah tentang budidaya lele yang setahu saya memang program dari kementrian Kelautan.Perguruan Tinggi di Malang pun tak mau kalah dengan memberikan kelanjutan dari pelatihan budidaya lele dengan memberikan pelatihan pengolahan produk dengan bahan baku lele. Namun semua itu akan jadi sia-sia jika tidak ditunjang dengan pembangunan sarana transportasi jalan.


Untuk hal ini memang kita tidak bisa hanya menyalahkan Kelurahan atau Kecamatan, mungkin dari pihak yang lebih di atasnya untuk lebih memperhatikan daerahnya. Karena jujur terlalu banyak potensi di Poncokusumo yang akan sangat sayang jika dilewatkan, dan sayang juga jika tidak ditunjang dengan fasilitas jalan yang apik. Semoga pemerintah bisa lebih belajar untuk mengingat segala janji-janji yang selalu manis di depan, dan tidak lupa untuk tetap mengutamakan kepentingan masyarakatnya dibanding kepentingan pribadinya....

Maju terus Indonesiaku..... :)
Sumber Blog Temen "http://pasciafebriana.blogspot.com "

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar ya.

TIME

SELAMAT DATANG